Kamis, 23 September 2010

Pelayanan Umat

Adalah mutlak kebutuhan seorang sosok manusia intelektual terjun langsung ke masyarakat untuk menjadi unsur penyegar dahaga dan penetralisir bagian tak seimbang di masyarakat. Sudah sepantasnyalah seorang mahasiswa mengetahui dan mencoba menjadi problem solver di masyarakat setidaknya lingkungan sekitarnya.

Ini yang kami coba wujudkan didalam Departemen Pelayanan Ummat Sentra Kerohanian Islam Jurusan Teknik Mesin Industri UGM. Di departemen PU kami bergerak untuk menjadi salah satu pilar dakwah di masyarakat dan menjadi departemen yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan.

Ini adalah beberapa Program Kerja yang dicanangkan tahun ini di departemen PU, yaitu Desa Binaan (Pembinaan anak bangsa menuju generasi kuat nan Islami), Bakti Sosial (Membantu sesama dan sebagai pengingat mahasiswa untuk selalu peduli), Shodaqoh Buat Kita (Membantu keuangan kepada sesama seperjuangan dalam menempuh dunia perkuliahan), Propaganda (Meningingatkan sesama untuk peduli kepada dunia sekita).

Departemen PU di koordinir oleh seorang kepala suku yaitu Jihad Mujahidin (TM’09) dengan anggota Widhi Yoga (TM’09), Awan (TM’09), Arif Kurniawan (TM’09), dan Amik (TM’09).

Itulah sedikit tentang departemen PU, semoga menginspirasi.

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hambanya selama hambanya menolong saudaranya. Siapa yang menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan ke syurga. Sebuah kaum yang berkumpul di salah satu rumah Allah membaca kitab-kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, niscaya akan diturunkan kepada mereka ketenangan dan dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan mereka dikelilingi malaikat serta Allah sebut-sebut mereka kepada makhluk disisi-Nya. Dan siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan dipercepat oleh nasabnya. (Riwayat Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar